Pengertian :
Class : adalah kombinasi dari data (field) dan fungsi (method)
yang bertugas mengolah data sehingga mencapai hasil yang diinginkan. Dalam
setiap class harus ada method utama yang mempunyai kendali utama. Pendefinisian
class menggunakan keyword class dengan nama class.
Class Hallo_warna_warni
Pendefinisian
tersebut dapat diawali dengan modifier (public, private, internal, atau
protected). Modifier boleh digunakan atau tidak digunakan. Bila tidak
disebutkan, makan secara otomatis class bersifat private, dimana class dan data
serta method-nya berlaku hanya pada aplikasi tersebut.
·
Public
Tidak ada batasan. Member dapat diakses
dari method manapun dari class manapun.
·
Private
Member dari class X hanya dapat diakses
oleh method dari dalam class X sendiri.
·
Protected
Member dari class X hanya dapat diakses
oleh class X sendiri atau method dari class yang berasal dari class X.
·
Internal
Member class X hanya dapat diakses oleh
method dari semua class dalam kode assemby X.
·
Protected Internal
Member dari class X hanya dapat diakses
oleh method dari dalam class X, oleh method di dalam class yang berasal dari
class X, dan juga oleh semua class yang berada pada kode assembly X.
Objek : Dalam artian umum objek adalah semua materi yang dapat
dirasakan oleh panca indera kita (dicium, dipegang, dilihat), atau segala
sesuatu yang mengacu kepada “benda” yang dapat kita rasakan menggunakan
pikiran, perasaan, dan aksi. Jadi objek dalam dunia nyata dapat berwujud
(nyata) dan tidak berwujud (abstrak). Contoh objek nyata dalam dunia pendidikan
: mahasiswa, dosen, laptop, dan sebagainya. Contoh objek yang hanya dapat kita
rasakan melalui pikiran, perasaan, atau aksi dan disebut juga objek abstrak
atau berupa konsep. Dalam dunia pendidikan contohnya : jam kuliah, kurikulum,
bahan ajar, peraturan kampus, dan sebagainya.
Program
diciptakan dengan tujuan memecahkan masalah kompleks yang dialami manusia dalam
pekerjaannya supaya lebih cepat mengambil keputusan terutama dalam bisnis.
Pemrograman diorientasikan pada objek supaya kita dapat memodelkan senyata
mungkin semua hal yang tercermin dalam dunia nyata. Pemrograman berorientasi
objek juga mempermudah penciptaan kode program dengan optimal karena tiap objek
mendapatkan perhatian khusus. Selain itu kode objek dapat dengan mudah
dimanfaatkan kembali oleh aplikasi lainnya; kemampuan ini disebut reuseability.
Konstruktor : Method yang digunakan untuk menciptakan sebuah objek
berdasarkan kerangka class dan meletakkannya pada kondisi yang tepat. Jika
dedefinisikan sendiri maka konstruktor harus diberi nama sama dengan nama class
karena konstruktor memang ditujukan untuk penciptaan objek berdasarkan design
class. Disamping itu konstruktor yang diberikan oleh CLR secara default
mengikuti nama class.
Inheritance : adalah kemampuan sebuah objek untuk meng-“inherit” atau mewarisi data dan fungsi
- fungsi dari parent classnya. Dengan inheritance Anda dapat membuat class baru
dari class – class yang sudah ada tanpa perlu menciptakannya dari awal. Parent
class (class asal) yang akan di-“inherit”
oleh class yang baru disebut base class,
sedangkan class baru yang mewarisi semua “warisan” data dan fungsi dari base
class disebut derived class.
Polymorphism : poly berarti
banyak sedangkan morp adalah bentuk. Polymorphism berarti mempunyai banyak bentuk atau lebih tepatnya kemampuan untuk menggunakan berbagai tipe bentuk
tanpa mengorbankan hal – hal detail.
·
Override : Menindih program
yang sudah ada tanpa menghilangkan program sebelumnya. Nama method dan property
harus sama dengan method yang akan kita override. Contoh penerapan : Dalam
suatu aplikasi yang sudah digunakan banyak orang dikemudian hari ditemukan
suatu bug. Biasanya developer akan menutupnya pada update aplikasi selanjutnya.
Dalam proses penutupan inilah Override biasa digunakan.
No comments:
Post a Comment
Untuk pengunjung Prasetyo-Online diharapkan berkomentar dengan sopan dan ber-etika. Terimakasih atas kunjungannya, nantikan update info dan tutorial terbaru dari kami. Salam bloggers Indonesia.